Sabtu, 07 November 2015

SAMBAL TUK TUK





Orang Batak sangat mempunyai ciri khas dalam kulinernya, salah satunya terkenal dengan makanan pedas, bukan orang batak namanya jika tidak menyukai makanan pedas. Ngomong-ngomong tentang pedas nih, orang batak sangat menyukai makanan satu ini yaitu sambal Tuk Tuk. Sambal tuk tuk ini makanan khas batak toba atau masyarakat yang berasal dari Sumutera Utara.

                                         
Ikan aso-aso atau biasa disebut ikan kembung yang sudah diasapi terlebih dahulu menjadi salah satu bahan dasar dari sambal tuk tuk. Bukan hanya ikan aso-aso, ikan teri juga dapat digunakan sebagai bahan dasar sambal tuk tuk dengan dicampur bumbu sambal lain. Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat sambal tuk tuk tidak berbeda dengan bahan sambal-sambal lainnya, sederhana saja. Yang membuat sambal ini sedikit lebih berbeda dengan sambal yang lain adalah andalimannya. Bumbu andaliman khas Batak satu ini memang dewanya untuk masakan Batak, sehingga memberikan citarasa unik pada sambal ini. 

Sambal tuk tuk sangat cocok dihidangkan sebagai pendamping ikan goreng, ikan bakar maupun daging atau ayam. Tapi sepertinya andaliman menjadi bahan masakan batak yang paling utama yah dalam makanan orang Batak.  Ingin mencoba membuatnya? Simak resepnya berikut ini:
                                                                                                  
Bahan-bahan
  • 2 ekor ikan aso-aso atau 100 gram ikan teri
  • 1 sdm andaliman
  • 2  butir kemiri
  • 10 buah cabe merah kriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 buah bawang merah 1 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng ikan secukupnya
Cara Membuat Sambal Tuktuk
Goreng ikan sampai matang, sangrai semua bahan kecuali garam sampai harum dan matang. Haluskan semua bahan yang telah disangrai, lalu tambahkan suwiran ikan aso-aso yang telah digoreng/ikan teri yang sudah digoreng kemudian haluskan kembali semua bahan, bumbui dengan garam. Sambal Tuktuk siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar