Kamis, 22 Oktober 2015

DEKKE NANIURA



Mengingat akan makanan khas batak, jadi teringat satu masakan spesial. Dekke naniura adalah salah satu makanan khas batak, yaitu berupa ikan mas yang diberi bumbu dan asam, kemudian dibiarkan menjadi lunak tanpa dimasak. Hidangan ini merupakan makanan khas batak yang menggunakan ikan mas sebagai bahan dasarnya. Dekke naniura ini adalah makanan sehat yang diolah tanpa memasaknya terlebih dahulu.

 


Dekke naniura atau Ikan Mas naniura ini merupakan makanan tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli, sedangkan arti dalam bahasa batak Naniura adalah ikan yang tidak dimasak. Makanan khas Batak satu ini ada sejarahnya loh, sebab konon katanya dahulu masakan Naniura ini dikhususkan hanya untuk raja saja, namun karena rasanya yang lezat dan enak akhirnya semua masyarakat batak ingin menyantap dan mengolahnya.  

   
Keunikkan hidangan satu ini disajikan dan dinikmati tanpa dimasak terlebih dahulu. Sekilas memang terdengar ekstrim, tapi kalau sudah mencoba, dijamin akan membuat ketagihan. Ikan mentah disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga membuat ikan lebih lezat dan enak untuk di santap, karena bumbu-bumbu yang diberikan adalah bumbu khas batak yang membuat makanan terasa nikmat. Mungkin hidangan ini juga dapat disebut “Sushi Khas Batak.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar