Minggu, 25 Oktober 2015

Kacang Sihobuk Jajanan Khas Batak


Bosan makan kacang? Tunggu dulu, kacang yang ini berbeda loh. Kacang Sihobuk adalah makanan ringan/jajanan khas Batak yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Nama Sihobuk sendiri adalah nama merk dagang yang diambil dari nama desa Sihobuk, tidak terlalu berbeda dengan kacang lain, namun kacang tersebut telah dipilih dan dipilah untuk dijual. Kacang sihobuk telah menjadi oleh-oleh terkenal, bahkan sampai ke luar negeri. Kacang Sihobuk tersebut (tanpa dikuliti) dimasak di kuali besar yang telah diisi dengan pasir, diaduk atau digongseng supaya kacang masak dan garing secara merata.

                  

Jika anda berkunjung ke Samosir, maka disepanjang perjalanan menuju Danau Toba, anda akan banyak melihat kios-kios yang menawarkan jajanan berbungkus merah putih tersebut. Mulai dari Pematang Siantar, Sibolga dan Tarutung, banyak pedagang menjajakkan kacang khas Sumatera Utara ini. Kalau ditanya rasa dan garingnya sih, Kacang Sihobuk tidak ada tandingan. Kacangnya memiliki karakter rasa yang kuat, sangat berbeda dengan jenis kacang yang dijual di berbagai swalayan.  

Makanya itu, jika anda akan melakukan perjalanan ke Tarutung, Tapanuli Utara jangan sampai melewatkan Oleh Oleh khas batak ini, jangan sampai menyesal karena tidak merasakan gurihnya kacang sihobuk ini, karena kacang sihobuk lain dari yang lain dalam jenis makanan ringan seperti kacang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar